Senin, 28 Maret 2011

Menu Makan Sehat Untuk Pediet

HealthySnacks75



APA resolusi kesehatan Anda di tahun 2011? Turun berat badan? Rasanya itu salah satu yang paling banyak digaungkan orang.

Bukan pilihan yang salah. Tapi kalau masih pilah-pilih diet, Anda pasti akan dibuat bingung. Pasalnya saat ini ada banyak jenis diet paling mutakhir yang banyak dicoba orang.

Namanya juga program diet, pasti identik dengan memangkas jumlah makanan yang masuk, plus sederet pantangan terhadap makanan tertentu.

Kalau bosan, apalagi trauma, ujung-ujungnya diet pun berantakan. Yang paling sulit dari sebuah diet adalah menghitung kalori yang masuk. Biasanya cara paling mudah yang dilakukan untuk menghitung kalori adalah dengan mengurangi jumlah makanan. Atau malah menghindari salah satu jam makan entah pagi, siang, atau malam.

Yang ini jelas bukan gaya hidup yang sehat. Adakah cara yang lebih efektif? Mungkin Anda bisa mencoba mengkreasi makan sehat saat jam makan pagi, siang, dan malam.
Berikut ide makan sehat untuk para pediet:

Makan Pagi

•    Roti gandum dengan selai pilihan paling mudah dan sehat.
•    Salah satu pilihan terbaik saat sarapan pagi adalah memadukan buah-buahan dan sayur-mayur, entah itu sebagai jus atau salad. Padukan jenis yang seimbang misalnya pisang, berry, sayuran hijau, mangga, dan sebagainya.
•    Jangan anggap diet sebagai pengurangan makan yang kebablasan. Dalam diet 1.500-2.000 kalori, Anda tetap bisa memberi porsi makan pagi yang cukup. Cobalah untuk sarapan pagi berupa sandwich berisi beberapa iris telur atau daging ayam. Ini jauh lebih baik daripada Anda memakan sandwich  restoran fastfood. Kalau Anda tidak punya waktu mempersiapkannya, Anda bisa memilih muffin yang diolesi selai kacang organik.
•    Anda bisa juga makan pagi dengan oatmeal. Rasanya yang anyep bisa diatasi dengan irisan stroberi, apel, atau pisang.
•    Kalau ingin lebih sederhana dan Anda tak ingin kekurangan tenaga saat beraktivitas, cobalah makan pagi dengan pisang dan segelas susu cokelat rendah lemak. Dengan kandungan sebanyak 250 kalori, sarapan pagi ini bisa membuat perut Anda tahan hingga makan siang.
•    Mulailah hari Anda dengan yoghurt yang dicampur buah dan kacang-kacangan. Kombinasi ini mengandung 365  kalori.

Makan Siang

•    Bagi pediet, makan siang vegetarian bisa jadi pilihan. Muffin gandum panggang dengan paduan buah anggur atau tomat dan kacang-kacangan memenuhi kebutuhan 4-5 kalori Anda.
•    Mereka yang menghindari nasi, bisa menggantinya dengan kentang. Kombinasikan dengan sayur-sayuran, bayam salah satu pilihan terbaik. Sumber protein bisa diperoleh dari ikan-ikanan. Makan siang ini terhitung sehat karena mengandung asam lemak omega 3 dari ikan-ikanan. Bayam menyumbang folat dan vitamin B yang bagus untuk memori Anda. Sedang kentang menstabilkan level gula dalam darah Anda dan membuat perut lebih tahan lapar.

Makan Malam

•    Untuk makan malam, perpaduan ayam tanpa tulang dan kulit sangat cocok disajikan  dengan setengah cangkir nasi merah. Makan malam ini mengandung 375 kalori.
•    Perpaduan udang, kacang-kacangan, bawang, setengah gelas mi soba mengisi perut Anda dengan baik. Selain mengandung protein juga karbohidrat yang pas.
•    Ada sebagian orang yang memasukan salad dalam daftar menu makan siang. Yang terbaik, sebenarnya salad lebih baik disantap untuk makan malam. Salad campuran sayuran hijau seperti lettuce dengan taburan keju cheddar dan dibubuhi potongan apel sungguh baik. Apel mengandung karbohidrat dan sayuran hijau menyumbang vitamin. Sangat berguna untuk mengurangi stres dan tekanan di saraf karena mengandung vitamin B yang cukup tinggi.

Cemilan Sehat:

•    Kombinasikan 1 gelas oatmeal dengan susu skim dan masak sesuai selera. Taburi oatmeal dengan 1,5 gelas blueberry dan dua sendok mkan almond. Cemilan ini senilai 385 kalori.
•    Cemilan tinggi serat sangat membantu Anda mengusir rasa lapar. Untuk itu kombinasikan dengan beberapa potong apel dengan taburan dua sendok teh selai kacang dan empat gelas popcorn. Sebanyak 375 kalori masuk ke dalam tubuh pediet.
•    Stroberi dan cokelat juga bisa dijadikan camilan sehat. Cairkan cokelat campur dengan sedikit keju dan stroberi. Jadilah camilan senilai 350 kalori.
•    Kalau Anda ingin memangkas lemak yang masuk harus menghindari daging sapi, daging babi, dan tentunya karbohidrat kompleks seperti nasi.
•    Makan siang merupakan jam makan yang jangan sampai Anda lewatkan. Karena aktivitas di siang hari sangat menguras energi. Anda akan aman selama memilih hidangan yang dikukus, dipanggang, atau direbus. Adapun jenis makanan yang bisa dipilih antara lain ikan dan ayam tanpa kulit. Kentang panggang, atau makanan yang bukan dalam kategori diawetkan atau telah diproses, digoreng, atau diawetkan.

dari Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar